-ncha-

an ordinary person

"lisa blog"

"lisa blog"
ncha_anggraini

Rabu, 13 Juni 2012

SOFTWARE OPEN SOURCE


Software Open Source
Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/ membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi.
Free software disini juga bukan program kacangan. Anggapan bahwa barang yang gratis jelek kualitasnya tidak berlaku buat free software. Karena sudah terbukti kehandalannya. Dan karena free software berbasis open source maka software tersebut sudah melalui proses perbaikan yang terus menerus. Jadi tidak ada alasan tidak mau menggunakan free software ini dengan alasan kualitasnya yang tidak baik.
Dengan karakteristik yang telah disebutkan di atas maka tidak salah apabila kita menaruh harapan pada open source ini sebagai platform alternatif yang bisa kita gunakan dalam komputer kita. Penerapan pola open source di Indonesia juga dapat menghilangkan pemakaian software komersial secara ilegal.

Keuntungan menggunakan software open source:

1.      Sumber Daya Manusia
Kegiatan open source biasanya melibatkan banyak orang. Memobilisasi banyak orang dengan biaya rendah (dan bahkan gratis) merupakan salah satu kelebihan open source.
2.      Peningkatkan kualitas
Adanya peer review meningkatkan kualitas, reliabilitas, menurunkan biaya, dan meningkatnya pilihan. Adanya banyak pilihan dari beberapa programmer membuat pilihan jatuh kepada implementasi yang lebih baik.
3.      Menjamin masa depan software
Konsep open source menjamin masa depan dari software. Dengan kata lain software yang bersifat open source tidak perlu menghadapi masalah seperti gulung tikar atau bangkrut.

Kerugian menggunakan software open source:

1.      Kualitas perbaikan tidak dapat dijamin kualitasnya.
2.      Dapat memberikan kualitas kelemahan software pada pihak luar.
3.      Pengujian software membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar.
4.      Sulit untuk mendapatkan sertifikasi.
5.     Banyak tenaga yang terlibat serta tidak ada pihak tertentu sebagai penanggung jawab software.

http://usi.feb.unair.ac.id/software/182-pengertian-open-source-a-free-software

Mata Kuliah KEAMANAN JARINGAN INFORMASI (Tinjauan Keamanan Open Source), Dr. Budi Rahardjo, Institut Teknologi Bandu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar