-ncha-

an ordinary person

"lisa blog"

"lisa blog"
ncha_anggraini

Kamis, 12 April 2012

TENTANG APJII,INTERNET,ID NIC,ID CERT

TENTANG APJII,INTERNET,ID NIC,ID CERT
Disini APJII adalah kependekan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Dalam Musyawarah Nasional Pertama Tanggal 15 Mei 1996, pada saat mana APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dinyatakan berdiri, dewan pengurus yang ditunjuk untuk masa jabatan 3 tahun pertama diminta untuk melakukan beberapa program kunci yang dinilai strategis untuk pengembangan jaringan internet di Indonesia. APJII menyelenggarakan aktifitasnya pada lingkungan pengembangan industri Internet dari anggota kepada anggota oleh anggota. Mulai dari kegiatan seminar, training/workshop, penyebaran informasi dan lain sebagainya sampai dengan turut aktif dalam program-program TI pemerintah maupun bekerjasama dengan pihak-pihak tertentu selama tidak bertentangan dengan AD/ART.
Internet, semua sudah tidak asing lagi dengan kata itu, perkembangan internet sudah sangat pesat pada saat sekarang ini. Kebanyakan orang sekarang menggunakan internet dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Namun dibalik dari majunya internet seperti sekarang ini ada pula dampak negatif dari internet. Dampak yang ditimbulkan dari berkembangnya internet yaitu banyaknya konten pornografi yang dapat memberikan efek negatif terutama untuk anak-anak dibawah umur, selain itu penipuan pun banyak terjadi melalui internet. Maka dari itu UU ITE sangat berguna untuk mencegah, melindungi, dan meminimalisi penyalahgunaan internet dan tindakan kejahatan yang terjadi di dunia maya dan kita sendiri pun harus pintar-pintar dalam memilih serta menggunakan konten-konten yang sesuai dengan kebutuhan kita.
ID-CERT adalah kependekan dari Indonesia Computer Emergency Response Team merupakan organisasi yang melakukan advokasi dan koordinasi penanganan insiden keamanan di Indonesia. Situs ini masih dalam pengembangan dan diharapkan komunitas yang ada ikut membantu kemajuan organisasi ini. Dalam hal ini organisasi ini membantu menyediakan informasi tentang keamanan yang akurat, serta dengan meningkatkan kesadaran keamanan internet diharapkan dapat meminimkan tindakan negative dalam internet.
Indonesia Network Information Center atau yang lebih sering dikenal ID-NIC adalah inisiatif yang didukung sepenuhnya oleh APJII dengan tujuan tersedianya pengelolaan informasi jaringan sosial yang mandiri dan berkelanjutan. ID-NIC akan mengembangkan fungsi dan peranannya dalam penyediaan informasi jaringan Indonesia sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan pengguna di dalam negeri maupun kepentingan masyarakat Internasional.
sumber :
www.cert.or.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar